Jumat, 19 Juli 2013

LUNTURNYA JATI DIRI ANAK MUDA MINANG DI ERA KOTEMPORER Oleh PEBRIYANSAH*



Sebuah bangsa yang lahir dari beberapa peradaban yang ada di dunia ini tidak terlepas dari pergolakan kaum muda yang membentang panjang dalam sejarah. Apa yang dilakukan pastilah mempunyai sebuah catatan-catatan yang muncul tatanan ruang dalam kelompok masyarakat
Minang kabau mempunyai sejarah panjang tentang anak mudanya yang telah terbukti banyak mengawal perjalanan bangsa ini semua orang pastinya sudah sangat mengetahui peran-peran pemuda minang dahulu dalam rangka mengisi rangkaian pembentukan Negara ini. Semangat tersebut tentunya bukan hanya sembarang muncul saja ke permukaan tanpa sebuah pengaruh-pengaruh disekitarnya.
Perjalanan pemuda minag kabau yang telah terbukti kepermukaan dulu, nampangya hari ini tidak di barengi dengan kondisi kaum muda di era sekarang ini. Yang tidak lagi mengedepakan nilai-nilai Budaya dan adat istiadat sebagai anak muda minag yang sebenarnya.
Tragisya pola yang dilakukan para pemuda minag sekarang ini spertinya sudah di ambang hilangya jati dirinya, hal itu bisa kita perhatikan di beberapa daerah di sumabr ini salah satu contoh kota padang. Banyaknya tempat yang dapat di gunakan meraka untuk melakaukan perbuatan-perbuatan tidak senonah sangat menjamur di sekeling kota ini yang sering digunakan kepada perbuatan terlarang.
Bukan itu saja sepertinya tingakh laku tak tau mau melebihi binatang acap kali kita lihat di jalan-jalan kota padang, anak-anak muda dengan berpakain tidak beraturan kemudian berbonceng berpelukan ria yang menjadi pemandangan sehari-hari di kota padang.
Mereka menggangap hal yang biasa dan bebas ridak ada batasan lagi nampaknya. Hal ini membuat cacatnya jadi diri anak muda minag di era kontemporer ini.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comments System

Disqus Shortname

Disqus Shortname

Comments system