Jumat, 19 Juli 2013

MATERI BERFIKIR GLOBAL BERTINDAK LOKAL




        Ini dalah salah satu materi kuliah bagi kami dari semester 1 di mata kuliah QMS. Ketika saya mendengar kata-kata ini sudah tidak asing lagi, karena konsep ini sudah ada di kehidupan kita sehari-hari tanpa kita sadari. Seperti yang di lakukan oleh mahasisiwa politani, ada sebagian besar mahasiswa politani yang menerapkan konsep ini sehari-hari dengan cara berjalan kaki menuju kampus ketika akan kuliah dan ada juga beberapa mahasiswa yang memilih mengendarai sepeda kekampus. Ini adalah suatu wujut dari kita dari para mahasiswa untuk mendukung konsep ini tanpa kita sadari.
        Disini politani sendiri ikut serta dalam prinsip ini dengan cara melakukan penghijauan yang dimulai dari lingkungan kampus. Dengan kita melakukan penghujaun bisa mengurangi efek rumah kaca dan mengurangi dampak globalwarming. Penghijauan dapat dilakukan dengan cara penanaman pohon. Penghijauan dapat dilakukan oleh semua orang, yang bisa kita mulai dari diri kita sendiri dengan cara menanam satu pohon oleh diri kita sendiri di lingkungan kita.
        Berpikir global bertindak local dapat dilakukan dengan cara memanfaatkan sumber daya yang ada di sekitar lingkungan kita, dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan orang-orang di sekitar kita, membuat suatu barang atau jasa yang dapat bermanfaat bagi orang lain, baik itu untuk masyarakat di Negara sendiri bahkan bagi masyarakat dunia.
        Untuk mahasiswa politani yang sebagian besarnya di bentuk untuk menjadi seorang manajer, maka dapat ikut serta dalam bertindak lokal berpikir global seperti jika ingin membuka suatu usaha maka manfaatkanlah sumber daya yang tersedia di kampus, seperti tanaman hasil PUM mahasiswa, tanaman coklat dari prody perkebunan, hasil ternak dari prody peternakan dan lain-lain. Maka dari hasil pertanian tersebut bisa dijadikan bahan baku untuk memproduksi suatu barang , barang yang tidak hanya bias dimanfaatkan oleh masyarakat politani saja tetapi juga untuk masyarakat lain di luar kampus.(INTEN)
        Berpikir global bertindak lokal, dalam lingkungan kampus, salah satunya dengan adanya pemungutan dan pengolahan sampah. Sebab, bila sampah dibiarkan bewgitu saja bisa merusak lingkungan, seperti menimbulkan bau yang kurang sedap, dan mengurangi nilai keindahan/kebersihan. Alangkah lebih baiknya jika sampah tersebut dipungut dan diolah menjadi sesuatu yang memiliki nilai guna.(Menisa Fitri)
        Bertindak lookal dengan berfikir global dapat kita lakukan dimulai dari diri kita sendiri untuk mengurangi polusi udara di kammpus kita dengan cara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comments System

Disqus Shortname

Disqus Shortname

Comments system