Jumat, 19 Juli 2013

CERPEN 'KATAK'



Katak adalah hewan amphibi yang dapat hidup di dua alam, di air maupan di darat. Katak membantu manusia juga Karena katak memakan nyamuk dan sejenis lainya, namun coba kita perhatikan kebodohan yang terjadi pada katak. Katak suka bermain di jalan pada malam hari, ketika ada sorotan cahaya lampu kendaraan bermotor katak melompat menuju cahaya tersebut.
Pada saat itu  katak suka dengan cahaya sehingga dapat kita lihat banyak katak yang mati tergelentang di jalanan. Hmmmm,,,,,,,,,,,,,,, Ini cerita tentang katak pada suatu kompetisi panjat tower dengan tinggi 50 meter. Para katak boleh memanjat semua umur, yang penting bagi panitia bisa memanjat. Panitia tidak main-main Dalam hal acara ini, pada ujung atas tower ada bongkahan emas .  panitia juga menyiapkan tim kesehatan yang menanti di bawah kalau terjadi hal tidak dinginkan pada katak - katak tersebut.
Setelah dilakukan audisi dan tes kesehatan para peserta pemanjat tower lolos sebanyak sepuluh perserta, empat katak dewasa, lima katak remaja  dan satu katak anak-anak. Penonton pada saat acara tersebut deg-degan, cemas melihat tingginya tower. Pertandingan di mulai, katak pertama katak dewasa mencoba, baru melangkah kemudian dia menggagalkan niatnya untuk tidak melanjutkan lomba tersebut, katak kedua katak remaja melangkah ke tower lalu memanjat kira-kira sepuluh meter katak berpikir, kalau aku jatuh ,aku akan mati sedangkan aku baru remaja.” Seterusnya katak ketiga dan kempat, katak remaja dan katak dewasa tersebut  mencoba menaiki tower. Setelah hampir separuh tiang terdengar sorakan-sorakan dari penonton  “kamu tidak akan bisa memanjat tower itu karena tower itu cukup tinggi, nanti kamu jatuh lagi, lebih baik turun !!!”, mendengar sorakan penonton tersebut  lalu katak  ketiga dan kempat tersebut turun.
Sekarang tinggal perserta terakhir katak kecil mempunyai kegigihan untuk memanjat  tower , sorakan yang sama terdengar dari penonton, lalu katak memanjat bersusah payah terus sampai ke puncak tertinggi dan mendapatkan emas tersebut.
Penonton , panitia, dan peserta yang gagal heran dengankatak kecil tersebut. Setelah sampai di bawah, katak kecil diwawancarai oleh jurnalistik, tapi katak kecil tersebut hanya diamdan agak kebingungan. Lalu tim kesehatan memeriksa kesehatannya, ternyata katak kecil tersebut tuli atau tidak bisa mendengar sama sekali.
Katak kecil sampai ke ujung tower tanpa mendengarkan sorakan penonton yang melemahkan semangatnya. Yang dia tahu, pada saat katak memanjat dan melihat ke bawah, sorakan dan lambaian tangan tersebut adalah suatu bentuk dorongan semangat.
          Para pembaca,, Kalau kita ingin menggapai suatu hal yang kita inginkan untuk menuju kesuksesan, jangan dengarkan sorakan – sorakan yang melemahkan semangat. Tutuplah telinga jika mendengar suatu hal yang negatif, dan bukalah telinga lebar – lebar jika mendengarkan suatu masukan yang positif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comments System

Disqus Shortname

Disqus Shortname

Comments system